Friday, May 22, 2015

Cara Membedakan Beras Asli dengan Beras Palsu atau Plastik (Sintetis)

Akhir-akhir ini Indonesia dicengangkan dengan adanya berita beras palsu yang dioplos dengan beras asli, beras palsu itu berbahan dasar karet sintetis. Contoh kasus di pasar seorang ibu membeli beras dan memasaknya, alhasil beras itu tidak mengeluarkan bau yang khas seperti layaknya beras biasa.

Saya akan memberi trik & tips membedakan beras asli dengan yang palsu.



Beberapa Perbedaannya:


1. Mempunyai Aroma Yang Khas


Tentunya dalam hal ini anda bisa membedakan mana beras asli dengan beras palsu, hanya dengan mencium wanginya beras anda sudah tau mana karet sintetis mana beras asli.

2. Tekstur Kenyal Beras Sintetis


Anda bisa bedakan dengan Teksturnya beras palsu berbentuk panjang dan sulit bersatu dengan beras lainnya jika sudah dimasak. Apalagi saat dimasak menjadi bubur, anda pasti bisa melihat beras palsu lebih besar ukuran-ukurannya dari pada beras asli. Tekstur beras palsu kenyal sedangkan beras asli lebih empuk.


3. Beras Plastik Lebih Panjang dan Lancip


Dilihat dari bentuknya beras plastik itu berukuran panjang dan lancip, dan kadang sulit patah, itu yang menandakan bahwa itu beras plastik.

4. Ada Bintik Putih SUSU di Beras Asli


Anda bisa lihat di ujung atau tengah beras asli terdapat bercak putih susu yang menandakan itu beras asli, sedangkan beras palsu transparan.

5. Rasa Yang Hambar Beras Sintetis


Bisa dibedakan beras asli dengan yang palsu yaitu beras asli mempunyai rasa nasi seperti biasa, sedangkan beras palsu atau sintetis itu hambar, dan juga sulit hancur.

6. Mengambang Saat Dimasak Beras Sintetis


Jika berasnya mengambang, kemungkinan besar mengandung bahan plastik. Jika tenggelam dipastikan tidak mengandung plastik

Nah, apakah beras di rumah anda sintetis atau plastik? kalau iya anda bisa bandingkan dengan cara di atas. Tapi, walau saya beri tahu cara diatas tetap saja anda harus mengujinya. selamat mencoba.

Cara Membedakan Beras Asli dengan Beras Palsu atau Plastik (Sintetis) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Member